Laman

Kambing Dalam Rupiah Naik, Dalam Dinar Emas Turun

Jakarta Selatan, 27 Oktober 2011
Harga kambing dalam rupiah naik 13%, dalam Dinar emas turun 20%! Seperti yang sudah-sudah, pada FHP kali ini pun (jumat, 28 Oktober 2011) pasar diselenggarakan di halaman samping Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dengan kapasitas 30-40 pedagang. Sejumlah anggota JAWARA (Jaringan Wirausahawan dan Pengguna Dinar Dirham Nusantara) kembali akan menghadiri FHP Al Azhar ini. Sejumlah pedagang baru juga telah menyatakan akan hadir, dan mulai menerima pembayaran dengan Dinar dan Dirham. Seperti diketahui JAWARA hanya menerima Dinar dan Dirham yang diotorisasi oleh WIN (Wakala Induk Nusantara) dan WIM (World Islamic Mint) saja.

FHP akan dibuka sejak pagi hari, pukul 8.30 WIB, tutup pada saat salat Jum'at, dan akan dibuka kembali sesudahnya. Dalam FHP kali ini juga akan diselenggarakan diskusi buku Euforia Emas, bersama penulisnya, Bpk Zaim Saidi. Sejak diedarkan akhir bulan September lalu buku ini disambut positif oleh masyarakat. Tak heran, dalam waktu sebulan, buku Euforia Emas, sudah harus dicetak-ulang.

'Banyak orang mengatakan bisa mengerti berbagai permasalahan Dinar dan Dirham, serta muamalat dengan jelas setelah membaca buku ini, ' kata Pak Suyitno, dari Wakala Ar Rafi, Bandung, salah satu pengedar buku Euforia Emas disana.

Dan, berkaitan dengan Hari Raya Idul Adha 1432 H, Takmir Masjid Al Azhar, juga kembali menawarkan hewan qurban, baik kambing maupun sapi. Dibandingkan dengan tahun lalu harga hewan qurban yang ditawarkan pihak Takmir Masjid Agung Al Azar tahun ini turun drastis. Kok, bisa? Karena di sini kambing dan sapi qurban dapat dibeli dengan Dinar emas dan Dirham perak.

'Jadi, kami sudah memutuskan harga kambing tahun ini turun, dari seharga 1 Dinar emas tahun lalu, menjadi hanya 0.5 Dinar plus 10 Dirham saja,' ujar Pak Dr Soewarsono Saryadi, Bendahara YPI Al Azhar. Ini setara dengan sekitar Rp 1.7 juta . Tahun lalu, harga kambing adalah 1 Dinar, setara Rp 1.5 juta. Artinya, harga kambing yang dalam rupiah naik 13%, dalam Dinar emas turun 20%! Ini akibat depresiasi rupiah, atau apreasiasi Dinar emas, lebih dari 40% dalam setahun ini. Sedangkan untuk sapinya ditawarkan seharga 5.5 Dinar saja atau setara dengan sekitar Rp 12 juta.

Panitia telah membuka layanan penyediaan hewan qurban sejak awal pekan lalu. 'Wakala Al Azhar telah menyiapkan koin untuk keperluan membeli hewan qurban dan FHP dengan cukup,' kata Pak Abdarrahman Rachadi, Ketua Paguyuban JAWARA Nasional.